service ac jogja

Service AC Jogja

Diposting pada

Service AC Jogja – Selama empat bulan belakangan, daerah Yogyakarta mengalami musim kemarau panjang. Ada masa-masa saking keringnya, kualitas angin juga minim. Akibatnya, kita jadi sering banget kipasan atau menggunakan kipas manual alias kipas tangan, atau bagi mereka yang punya dana lebih, mereka bisa membeli kipas angin listrik ataupun Air Conditioner / AC.

Karena kebutuhan AC terus meningkat, maka ini menjadi alasan bagi produsen AC untuk terus mengembangkan bentuk dan ukuran AC, misalnya saja AC dengan bentuk split (ini biasa digunakan di ruangan dengan ukuran minimalis Gaes, contohnya kantor, kontarakan, ataupun rumah toko-ruko). AC split terdiri dari unit yang diletakkan di luar (outdoor) adapun alat yang disertakan adalah kompresor dan kondesor dan perangkat lainnya, tetapi di bagian dalam ruangan (indoor) akan dipasang perangkat evaporator dan blower serta perangkat lainnya secara lebih spesifik. Selanjutnya gimana?

Kedua unit perangkat tersebut dihubungkan dengan pipa berukuran kecil atau medium, oleh sebab itu pemasangan AC split seringkali membutuhkan lubang kecil sehingga harus melubangi dinding atau papan, si tuan rumah sebaiknya sudah menentukan lokasi yang tepat untuk pemasangan AC atau dapat berkonsultasi dengan teknisi AC ya. Hal yang harus diperhatikan juga tentang pemilihan ukuran yang sesuai dengan ukuran ruangan, misalnya untuk ketinggian plafond meter dengan ukuran ruangan 4×5 m maka ukuran AC yang diperlukan adalah AC 1 Pk (PaardeKracht) agar sirkulasi udara dapat dirasakan di seluruh ruangan.

Tips Merawat AC yang Baik :

Sebelum memulai promosi, Jasa Service AC Jogja ingin memberikan informasi tentang perawatan AC selama musim kemarau. Mungkin saja informasi ini terlihat biasa saja atau sepele Gaes, tapi sebagai bekal pengetahuan umum, kita perlu tahu kiat-kiat perawatan AC. Seperti prinsip kesehatan yang dapat ditiru dalam prinsip ekonomi, mencegah lebih baik daripada membeli baru kan? Hihihi. Ayok simak informasi tentang perawatan AC secara optimal di bawah ini ya Gaes, yuk yuk:

  1. Kita Mengira Kondisi AC Baik-Baik Saja

Seperti ruangan yang terbuka dan tertutup, kebersihan pendingin ruangan atau AC sangat berpengaruh terhadap kualitas udara yang ada di dalam rumah. Eits, selain itu, pendingin udara yang bersih juga membuat kualitas kerja mesin AC menjadi lebih halus dan tidak rewel. Alhasil ini akan berpengaruh terhadap konsumsi listrik rumah tangga.

Begini ya Gaes, jika AC tidak rajin dan tidak rutin dibersihkan maka akan ada banyak jenis partikel seperti debu, jamur, bakteri, jamur, kutu, atau serangga kecil yang berterbangan dapat terhidap perlahan dan mengendap di kumparan, filter, maupun bilik ventilasi yang berukuran minimalis. Nah ini berpengaruh dengan kualitas udara yang akan diedarkan ke seluruh ruangan.

  1. Aturan Wajib Yang Harus Diperhatikan:

– Selalu Tutup Ruangan Ber-AC : Hal ini ditujukan agar mesin AC tidak bekerja terlalu keras untuk mendinginkan ruangan dan ruangan terasa sejuk, bukankah punya AC digunakan untuk membuat adem ruangan dan penghuninya Gaes. Kalau ruangan terus terbuka, ya lebih baik tidak perlu menggunakan AC kan, Gaes?

Perhatikan suhu yang diatur tiap penggunaan AC : Sebaiknya jangan terlalu sering mengatur suhu AC di bawah 22 derajat celcius. Hal ini membuat mesin AC menjadi cepat panas. Selain itu, suhu 22 derajat celcius merupakan suhu normal bagi iklim di Indonesia.

– Jangan Tinggalkan Aroma Tidak Sedap : Ini yang menjadi penting untuk diperhatikan bagi semua kalangan. Bahwa di ruangan yang penuh AC sangat kedap dengan perputaran aroma. Ini menjadi alasan kenapa aroma rokok tidak baik untuk ruangan ber-AC, karena yang terkandung dalam asap akan kembali ke tubuh orang-orang yang berada di ruangan. Toh ini berbahaya bukan?. Nah, yang penting untuk diperhatikan juga adalah jangan menumpuk sampah atau makanan sisa yang berpotensi menimbulkan aroma tidak sedap. Ini akan membuat seluruh ruangan menjadi ikut bau dan membuat tidak nyaman.

Apabila akan bepergian sebaiknya kamu mematikan AC : Ini sangat membantu merawat mesin AC lebih tahan lama, dan di efektivitas karena di ruangan tidak ada orang yang akan menempatinya. Selain itu ini sangat membantu si pemilik rumah/ kantor/ ruangan,   jika tiba-tiba listrik di rumah Anda mati atau tidak kuat menahan beban listrik.

Jangan Langsung Menyalakan AC : Yang harus lakukan adalah bersabar dan menunggu terlebih dahulu. Dibutuhkan kurang lebih selama 1 menit untuk menahan diri tidak menyalakan AC ketika Anda menyalakan lampu dan listrik di rumah. Hal ini dilakukan agar oli kompresor dan Freon menstabilkan mesin dan kembali ke kompresor terlebih dahulu. Cara ini adalah salah satu cara efektif untuk memperpanjang umur kompresor AC milikmu ya Gaes.

  1. Bagian AC Yang Harus Rutin Di Cek

Gaes, seperti perangkat mesin lainnya, AC juga harus memiliki waktu untuk istirahat sehingga AC tidak cepat rusak. Sebaiknya AC dinyalakan paling lama 5 jam dan setelah itu dimatikan guna untuk mendinginkan mesin. Penggunaan fitur timer AC dapat menjadi pilihan untuk membantu menjaga ketahanan mesin AC. Ketika AC dalam keadaan mati, hendaknya membuka semua jendela yang ada di dalam ruangan sehingga sirkulasi udara tetap terjaga. Hal yang sering terlupakan oleh pengguna AC adalah jarangnya membuka seluruh jendela sesekali, padahal hal ini penting dilakukan untuk mendapatkan kualitas udara dan adanya pertukaran udara yang bagus, tidak hanya bergantung pada udara yang diproduksi dari AC.

  1. Mencari Tahu Layanan Service AC Terdekat Dari Tempat Tinggal

Gaes, bagi Anda yang baru memiliki AC tetapi bingung bagaimana cara merawatnya. Tips dari kami adalah lakukan pembersihan secara rutin untuk bagian dalam AC. Pembersihan rutin ini dapat dilakukan 1 bulan sekali jika udara tidak terlalu kotor. Namun jika udara kotor, Anda dapat lakukan pembersihan 2 kali dalam sebulan. Kenapa rutin dan urgent banget? Pembersihan AC ini juga menyangkut kualitas udara yang ada di ruangan Anda. Jika AC Anda kotor, sirkulasi udara dalam ruangan akan ikut kotor sehingga tidak baik untuk kesehatan. Belum lagi debu dan kotoran yang ada pada karpet ruangan Anda menambah kondisi udara semakin kotor, sehingga pembersihan ini perlu dilakukan secara rutin.

  1. Butuh Perawatan Service AC? Hubungi Jasa Service AC Jogja Yuk Gaes

Gaes, ketika Anda sudah mengetahui tips-tips dalam merawat AC di ruangan/ rumah/ kantor Anda yang harus dilakukan dalam perawatan AC, lantas kapan waktu yang paling tepat untuk membersihkannya? Selain tumpukan debu yang tampak kasat mata dan bau apek yang keluar dari AC, suara berisiknya juga dapat menunjukkan bahwa AC Anda sudah waktunya untuk dibersihkan lho. Butuh service AC Jogja, mandi, ataupun pembersihan bagi mesin AC.

Tetapi Gaes, jika mesin AC tetap beroperasi seperti biasanya dan tidak menunjukkan tanda apapun hal tersebut tidak selalu menandakan AC tersebut dalam kondisi yang baik. Karena itu, idealnya AC perlu dibersihkan sebulan sekali. Memang sih, Anda dapat membersihkan AC split di rumah sendiri, namun untuk meminilimasir bentuk kesalahan dan dapat berkonsultasi dengan ahlinya Gaes, sebaiknya Anda menggunakan Jasa Service AC Jogja yang sudah sangat ahli di bidangnya. Jangan sampai karena pertimbangan irit dan hemat, kamu jadi semakin rugi karena mesin AC-nya jadi rusak. Gimana Gaes, yok langsung menghubungi kontak dan layanan customer service untuk segera melakukan pemesanan di https://www.ngeson.com/service-ac-jogja/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *