5 Tempat Wisata Budaya di Solo

Posted on

Wisata budaya dan sejarah bukanlah suatu hal yang menjadi minat seseorang saat liburan. Bukan dikarenakan kurangnya apresiasi terhadap kedua hal tersebut, tetapi lebih karena niatan untuk bersenang-senang dan melepaskan diri dari penatnya kehidupan sehari-hari.

Tetapi, tetap ada sebagain banyak dari wisatawan yang justru mengincar objek-objek wisata yang sarat akan sejarah dan budaya tersebut, dan bahkan menikmatinya.

Kota Surakarta alias Solo sendiri merupakan kota yang memiliki nilai historis yang tinggi bagi kebudayaan Indonesia. Karenanya, di kota ini banyak sekali terdapat bangunan peninggalan dari berbagai masa yang hingga saat ini masih kokoh berdiri dan bahkan dibuka untuk umum sebagai objek wisata.

Bagi kamu para penggemar wisata budaya yang ingin menjelajah ke kota yang satu ini, berikut akan kami berikan 5 tempat wisata budaya yang bisa kamu kunjungi selama liburan ke Solo.

 

5-tempat-wisata-budaya-solo

Benteng Vastenburg

Benteng yang masih berdiri kokoh sejak jaman penjajahan Belanda ini merupakan salah satu saksi bisu sejarah di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Sempat dijadikan markas TNI seusai kemerdekaan dan pada tahun 2014 akhirnya direstorasi meskipun saat ini kondisinya masih agak kurang terawat.

Museum Keraton Solo

Museum yang juga dikenal sebagai Museum Kasunan Keraton Surakarta ini akan memberikan banyak pelajaran sejarah terkait kota Surakarta. Terdiri dari 13 ruangan yang berbeda dan masing-masing diisi dengan koleksi yang unik, kamu bisa menemukan beragam peninggalan agama, budaya, dan kesenian rakyat seperti wayang kulit di dalamnya.

Pura Mangkunegaran

Pura atau Istana Mangkunegaran ini juga merupakan salah satu bangunan peninggalan era kolonial, dimana bangunan ini telah berdiri sejak tahun 1757. Berdirinya istana ini merupakan hasil perlawanan dari Raden Mas Said alias Pangeran Sambernyawa menentang perjanjian Giyanti yang membagi dua wilayah mataram menjadi dua.

Raden Mas Said akhirnya diberikan wilayah kekuasaannya sendiri yang kekuasannya bertempat di Pura Mangkunegaran. Saat ini, tempat yang masih dikelola oleh Mangkunegara IX ini sering dijadikan objek wisata serta sering menggelar pertunjukan kebudayaan.

Taman Sriwedari

Taman Rakyat yang dibangun oleh Paku Buwono X ini juga termasuk ke dalam objek wisata budaya yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Solo. Taman ini sering dijadikan lokasi pagelaran ritual tradisional rakyat, dan banyak terdapat kios oleh-oleh, serta setiap malam hari biasanya akan digelar pertunjukan wayang kulit

Museum Radya Pustaka

Museum yang berdiri sejak tahun 1890 dan didirikan oleh Kanjeng Raden Adipati Sosrodiningrat IV ini merupakan museum tertua di Indonesia. Di dalamnya kamu akan mendapati beragam koleksi budaya seperti wayang, keramik, dan alat musik tradisional. Meskipun beberapa koleksi nya sempat dicuri dan diganti replika pada tahun 2006, tetapi saat ini sebagian besar koleksi tersebut sudah ditemukan.

Menyusuri tempat-tempat wisata bersejarah dan sarat akan nilai budaya dari suatu tempat bisa menjadi pembelajaran tersendiri bagi kita, dan diharapkan dapat meningkatkan rasa menghargai perjuangan para pembela kemerdekaan Indonesia di masa lampau.

Supaya mempermudah kamu dalam menyusuri objek-objek wisata tersebut, ada baiknya kamu menggunakan jasa rental mobil yang disediakan di Happy Car supaya perjalanan bisa lebih nyaman dan menyenangkan.

Tidak hanya menggunakan armada terbaru, dan interior yang bersih, driver yang akan mendampingi kamu selama berkeliling kota Solo sudah dilatih ekstra keras demi menjamin keramahan dan profesionalitas selama perjalanan. Kamu juga bisa menyewa bus berkapasitas besar di Happy Bus apabila kamu ingin bepergian dengan rombongan ke kota Solo ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *